Fungsi-Fungsi Periklanan
Setiap media periklanan tentu memiliki tujuan yang sama yaitu mempromosikan sesuatu yang akan dijual. Oleh karena itu periklananan memiliki fungsi-fungsi tertentu, yaitu:
Menurut Shimp (2003) fungsi-fungsi periklanan, sebagai
berikut :
1. Memberikan informasi (Informing)
Periklanan membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek
baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merek, serta
memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
Periklanan ini merupakan bentuk komunikasi yang berkemampuan
menjangkau khalayak secara luas dengan biaya yang relatif rendah.
Periklanan ini memfasilitasi pengenalan produk/merek baru,
meningkatkan jumlah permintaan produk/merek-merek yang sudah ada, dan
meningkatkan puncak kesadaran (TOMA = top of mind awareness) di benak konsumen,
serta mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek-merek yang sudah ada.
2. Membujuk (Persuading)
Periklanan yang efektif akan mampu membujuk pelanggan untuk
mencoba produk yang diiklankan.
Terkadang persuasi tersebut berbentuk mempengaruhi
permintaan primer yaitu menciptakan permintaan bagi keseluruhan kategori
produk.
Iklan yang dibuat harus mampu membujuk konsumen untuk
memilih merek tertentu, menganjurkan untuk membeli produk merek tertentu,
membujuk pelanggan untuk menerima merek yang diiklankan, serta membujuk
pelanggan untuk membeli sekarang juga produk yang diiklankan.
3. Mengingatkan (Reminding)
Iklan dapat menjaga merek agar tetap segar dalam ingatan
konsumen.
Saat munculnya kebutuhan yang berhubungan dengan produk yang
diiklankan, konsumen akan segera ingat dengan merek yang diiklankan di masa
lalu dan akhirnya membeli produk tersebut.
Periklanan ini dapat meningkatkan minat konsumen terhadap
merek yang sudah ada dan pembelian terhadap merek yang mungkin tidak akan
dipilih, serta mampu mempengaruhi pengalihan merek (brand switching).
4. Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Iklan berfungsi memberikan nilai tambah bagi perusahaan akan
tiga hal yang mendasar, yaitu : terjadinya inovasi, penyempurnaan kualitas,
atau perubahan persepsi konsumen.
Misalkan iklan Sari puspa yang berubah menjadi Softwell
International dengan maksud untuk membuat perubahan dalam persepsi konsumen.
5. Membantu/mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan
(Assisting)
Iklan yang telah dilakukan perusahaan dapat memberikan
informasi pendahuluan yang bernilai bagi wiraniaga sebelum melakukan kontak
personal dengan para pelanggannya.
Periklanan ini memungkinkan digunakan sebagai alat
komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan, seperti kupon-kupon dan
undian, serta upaya penarik perhatian berbagai perangkat promosi penjualan
tersebut.
Periklanan juga dapat meningkatkan hasil dari komunikasi
pemasaran lainnya.
Pada iklan diatas, dapat dikatakan bahwa iklan tersebut memiliki fungsi informing karena iklan tersebut memberikan informasi detail terhadap masyarakat tentang mobil yang baru saja diciptakan. Dengan spesifikasi yang lengkap, iklan tersebut sudah memberikan banyak informasi kepada calon pembeli. Dapat kita ketahui bahwa perusahaan Toyota banyak mengeluarkan jenis kendaraan lain dengan merek yang berbeda. Oleh karena itu, fungsi dari periklanan tersebut juga termasuk reminding atau mengngatkan kembali bahwa Avanza adalah milik perusahaan Toyota.
Iklan diatas memiliki fungsi periklanan reminding
yaitu mengingatkan kembali brand yang pernah ada. Maksudnya banyak jenis pizza
yang ditawarkan pada perusahaan makanan Pizza Hut, namun karena Pizza Hut
mengeluarkan menu baru Crunch Cheese with Flavour Sensation maka para konsumen
dapat mengetahui bahwa produk tersebut adalah brand dari perusahaan Pizza Hut
karna ciri khasnya yang menjual pizza rasa juara dengan porsi yang besar.
Iklan tersebut juga memiliki fungsi sebagai informing yaitu menginformasikan apa yang sedang dipromosikan. Selain itu iklan tersebut juga memiliki fungsi sebagai assisting yaitu membuat masyarakat mudah mencari tahu dimana produk tersebut dijual karena sering melihat iklan di televisi ataupun di poster dan sejenisnya.
Fungsi dari iklan cetak tersebut salah satunya adalah assisting yaitu mempromosikannya dengan undian atau hadiah kepada nasabah yang beruntung dan menjadi nasabah resmi bank Mandiri. Mandiri Fiesta adalah salah satu dari pelayanan bank Mandiri untuk melayani para nasabah dengan banyak memberikan hadiah. Untuk mengingatkan kepada para calon nasabah bahwa bank Mandiri memiliki fungsi yaitu reminding. Selain fungsi reminding, iklan tersebut juga berfungsi sebagai persuading atau membujuk karena sudah terlihat jelas bahwa bank Mandiri menjajikan kemudahan dalam menabung dan mendapatkan hadiah secara cuma-cuma. Terdapat fungsi informing juga pada iklan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar